Click Here

Labels

Satu Lagi Metode Program Diet Template Blog

Oke...pada postingan kali ini, mungkin kita tidak pernah menyadarinya, namun hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk memperkecil ukuran template sehingga menambah kecepatan loading blog kita.

Kemarin blog ini mengalami kenaikan berat badan templatenya hingga 142kb, sedangkan berat ideal template blog itu tidak lebih dari 100kb, setelah mengikuti saran-saran sobat blogger dengan metode menyingkirkan hal-hal yang kurang penting di sidebar, blog ini turun bebannya hingga 127kb, koq cuma segitu yaa turunnya...???

Nah, setelah mencari-cari lagi cara menurunkan berat beban template blog, saya mendapat saran lagi supaya di compress aja css-nya. saya lakukan juga tuch saran tersebut, sedikit merasa senang karena blog saya bebannya turun lagi hingga 121kb. Tapi itukan masih belum memenuhi syarat blog yang memiliki berat beban yang ideal...????

Setelah mengamati template yang bikin pusing tersebut. dilihat sana dilihat sini....di scroll kebawah discroll lagi keatas.....naaaahhhhh....ketemu dech mana yang bisa disingkirkan tuch.....eits...tapi tidak secara langsung loh cara menyingkirkannya....ntar rusak lagi tuch template.

Menurut metode yang saya coba kali ini, cukup memberi pengaruh untuk blog saya, karena sekarang blog saya memiliki berat templatenya cuma 97kb. Waahhh bahagianya...sekarang aku sudah kurus ga gemuk lagi.....beratku sudah ideal nich....ntar pasti makin banyak yang suka main kesini...(hehehe...kata blogku tuch)

Mau tau metodenya, mungkin bukan hal yang asing bagi blogger semua, tapi bisa menjadi penentu yang besar buat blogger nich.

Caranya seperti ini,
Logikanya...jika kita menambah satu gadget di sidebar/midsidebar/footer/header/dimana aja deh....(Add a Gadget).... maka secara otomatis, template blog kita akan menambah code HTMLnya, persisnya seperti ini :

<b:widget id='HTMLxx' locked='false' title='Categories' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
xxxxx...dan seterusnya....dan seterusnya...dan seterusnya...hingga...
</b:includable>
</b:widget&gt

Nah...semakin banyak kita membuat gadget....maka semakin banyak code diatas...

Bagaimana caranya agar pernak-pernik di sidebar blog kita tidak di buang, tapi code diatas tidak bertambah....????

Nah...yang saya lakukan adalah menyatukan semua code HTML/javascript gadget kedalam 1(satu) Gadget saja untuk satu sisi sidebar( blog ini mempunyai 2 sidebar )

Biasanya kita jika ingin menampilkan pernak pernik di sidebar, kita pasti mengklik Add a Gadget, dan memasukkan code HTML/Javascript ke gadget tersebut.

Nah...sekarang ubah cara tersebut, jika ingin memasukkan kode HTML/javascript lagi, cukup buka Gadget HTML/Javascript yang sudah ada, dan simpan code HTML/Javascript ke posisi yang anda inginkan, dan jangan lupa kasi kode ganti barisnya ( <br/> ).

Cukup simple bukan...???
Untuk diketahui saja, cara ini hanya untuk GADGET HTML/Javascript saja, jadi buat Gadget lain seperti Profil, Follower, dan lain-lainnya yang sudah instan disediakan blogger tidak bisa secara langsung di bikin alternatif seperti ini.

Namun, gadget-gadget seperti Profil, Follower, Recent Posting, Top Comment, dll.....bisa di ubah menjadi format HTML/Javascript terlebih dahulu agar bisa di gabungkan dalam 1 Gadget HTML/Javascript.

Oke...mungkin cukup segini aja, lagi pula jari-jari ini sudah lelah memencet keyboard, mau istirahat dulu sambil ngopi + santai dengan sebatang rokok....huuhhh...nikmatnya dunia....asiknya menjadi blogger....

Semoga postingan kali ini bisa menjadi referensi buat sobat-sobat blogger yang ingin mengikuti program diet template blognya...sehingga blognya bisa diminati banyak pengunjung tanpa mengurangi pernak-pernik yang menghiasi blognya.

Jika anda mengikuti metode ini, dan berhasil menurunkan berat beban template blognya, dan blognya bisa loading dengan cepat...
Saya berharap juga anda bisa menyampaikan komentar anda dibawah ini, sehingga bisa menjadi Review saya untuk cara ini.

Terima Kasih Sobat semua
Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua
Maju terus para blogger
Maju terus Indonesia.
Harga Notebook Acer Aspire S3 Ultrabook

Sudah 18 Orang Berkomentar, Silakan anda yang selanjutnya :

Komentar dari mastergomaster :

bagus tipsnya sob aku coba ya!!

Komentar dari Rizky2009 :

maaf nih sob oon aq masihan, masih belum paham maksudnya d satukan, kalau template aq sih sejajar semua lewat metode kompres css, biasanya layout kan sama bentuknya dengan tampilannya, kalau template aq enggak, kan bentuk blog aq 2 kolom sama 3 kolom dibawah, tp layotnya model menumpuk berjajar, kapan2 aq lihatin hasilnya, mau tak coba tutorial kamu masih belum paham karena g ada contoh code2nya, cuma d kasih contoh gambar kan membingungkan buat pemula seperti aq ini

Komentar dari G E O R G E O U Z :

@ rizky : ini mainnya bukan di Edit HTML, Tapi di Page Elemen/ Elemen laman. Jadi seperi gambar diatas, lihat pada mid sidebar ( kolom yang ditengah ) cuma ada satu gadget, coba lihat di mid sidebarnya blog ini ada 5 objek(subcribe,click thru, webpage lottery,blogstat, iklan kumpul blogger).
Nah dari 5 objek tersebut saya masukkan dalam 1 gadget, jadi secara otomatis, code template untuk mid sidebar akan berkurang sendiri.
coba anda amati code sidebar anda sebelum dan sesudah menggunakan cara ini....

Komentar dari G E O R G E O U Z :

Thanx semua atas commentnya...

Komentar dari Rizky2009 :

ow gt yah ok deh paham sekarang, nanti d coba

Komentar dari G E O R G E O U Z :

Oke...selamat mencoba...semoga sukses....

Komentar dari Arief :

wah, baru tau kalo ternyata standar kegemukan template 100kb yah sob??? untungnya blog ane cuman 57.9kb (dilihat langsung dari Edit Template + Expand Template Widget) / 56.3 (dilihat setelah didownload lengkap).

makasih sob, naice impoh... :D

MASQULIN.BLOGSPOT.COM Sitemap

Komentar dari Arief :

oiya sob, ada yg ketinggalan nih...

setauku <br/> itu kan artinya ENTER yah sob?
ane liat di kamus HTML ane sob, hehehe :D

Tutorial Blog

Komentar dari dogan cengkir :

wah makasih infonya sangat berguna bagi saya,, makasih ya tips - tipsnya,,,,

Komentar dari Ambar :

kunjungan balasan..
oh aku ngerti maksudnya diet tamplate sekarang..
sering denger tapi ga mudeng.. hehehe

Komentar dari Ahmad Ramadani :

kalau gue sih, supaya loadingnya agak cepat, HTMLnya gue kompres :D

Komentar dari G E O R G E O U Z :

@ dogan cengkir : thanx yaaa...
@ Ambar : emang sih yg beginian selalu bikin mudeng...ini aja mau nulis artikelnya sempat linglung juga...heheheheee

@ Ahmad Ramadani : blog ini jg sudah di compress, tp masih blm sampe ke kapasitas berat ideal, jd ini saya hadirkan sebagai aternatif tambahan untuk mencapai blog yg memiliki berat ideal....thanx...

@arief : waahhh..klo cek kayak gitu kurang efisien sob...td sudah saya coba cek berat blog kamu, beratnya masih 153.18kb tuch....

klo mau cek coba aja disini :

IWEBTOOL

Buat semua...thanx atas komennya yaaa....

Komentar dari AA Ghie :

Okelah kalau begitu,,,

Komentar dari Arief :

owh, jadi di cek secara full yah? hmm... thanks berat infonya sob ;-)

MASQULIN.BLOGSPOT.COM

Komentar dari ahhi82 :

Ternyata bukan hanya manusia aja yang bisa diet..blog juga bisa diet yah, hehehe. thanks sob atas infona.

Komentar dari G E O R G E O U Z :

heeheeeheeee....bener tuch kang...abisnya templatenya jarang olah raga....jd mudah untuk bertambah berat badan tuch...jd mesti punya tips buat diet...heheheheheeee...
jd kayak punya perasaan sama blog nich...hehehehehee

Komentar dari "om_rame" :

hueheheehee.....
berhasiL,berhasiL. hore!

Komentar dari TRAUMA CENTER INDONESIA :

mantap nehh... cukup langsing,,, 40kg turun bandan,,
tetap berkibar,,, indonesia

Silakan Tulis Komentar Anda di Bawah ini :

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini, namun diharapkan jangan melakukan spamming,hindari komentar yang mengandung unsur SARA, berkata kasar serta hal2 negatif lainnya, Terima Kasih, Semoga bermanfaat