Skip to main content

Satu Lagi Metode Program Diet Template Blog

Oke...pada postingan kali ini, mungkin kita tidak pernah menyadarinya, namun hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar untuk memperkecil ukuran template sehingga menambah kecepatan loading blog kita.

Kemarin blog ini mengalami kenaikan berat badan templatenya hingga 142kb, sedangkan berat ideal template blog itu tidak lebih dari 100kb, setelah mengikuti saran-saran sobat blogger dengan metode menyingkirkan hal-hal yang kurang penting di sidebar, blog ini turun bebannya hingga 127kb, koq cuma segitu yaa turunnya...???

Nah, setelah mencari-cari lagi cara menurunkan berat beban template blog, saya mendapat saran lagi supaya di compress aja css-nya. saya lakukan juga tuch saran tersebut, sedikit merasa senang karena blog saya bebannya turun lagi hingga 121kb. Tapi itukan masih belum memenuhi syarat blog yang memiliki berat beban yang ideal...????

Setelah mengamati template yang bikin pusing tersebut. dilihat sana dilihat sini....di scroll kebawah discroll lagi keatas.....naaaahhhhh....ketemu dech mana yang bisa disingkirkan tuch.....eits...tapi tidak secara langsung loh cara menyingkirkannya....ntar rusak lagi tuch template.

Menurut metode yang saya coba kali ini, cukup memberi pengaruh untuk blog saya, karena sekarang blog saya memiliki berat templatenya cuma 97kb. Waahhh bahagianya...sekarang aku sudah kurus ga gemuk lagi.....beratku sudah ideal nich....ntar pasti makin banyak yang suka main kesini...(hehehe...kata blogku tuch)

Mau tau metodenya, mungkin bukan hal yang asing bagi blogger semua, tapi bisa menjadi penentu yang besar buat blogger nich.

Caranya seperti ini,
Logikanya...jika kita menambah satu gadget di sidebar/midsidebar/footer/header/dimana aja deh....(Add a Gadget).... maka secara otomatis, template blog kita akan menambah code HTMLnya, persisnya seperti ini :

<b:widget id='HTMLxx' locked='false' title='Categories' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
xxxxx...dan seterusnya....dan seterusnya...dan seterusnya...hingga...
</b:includable>
</b:widget&gt

Nah...semakin banyak kita membuat gadget....maka semakin banyak code diatas...

Bagaimana caranya agar pernak-pernik di sidebar blog kita tidak di buang, tapi code diatas tidak bertambah....????

Nah...yang saya lakukan adalah menyatukan semua code HTML/javascript gadget kedalam 1(satu) Gadget saja untuk satu sisi sidebar( blog ini mempunyai 2 sidebar )

Biasanya kita jika ingin menampilkan pernak pernik di sidebar, kita pasti mengklik Add a Gadget, dan memasukkan code HTML/Javascript ke gadget tersebut.

Nah...sekarang ubah cara tersebut, jika ingin memasukkan kode HTML/javascript lagi, cukup buka Gadget HTML/Javascript yang sudah ada, dan simpan code HTML/Javascript ke posisi yang anda inginkan, dan jangan lupa kasi kode ganti barisnya ( <br/> ).

Cukup simple bukan...???
Untuk diketahui saja, cara ini hanya untuk GADGET HTML/Javascript saja, jadi buat Gadget lain seperti Profil, Follower, dan lain-lainnya yang sudah instan disediakan blogger tidak bisa secara langsung di bikin alternatif seperti ini.

Namun, gadget-gadget seperti Profil, Follower, Recent Posting, Top Comment, dll.....bisa di ubah menjadi format HTML/Javascript terlebih dahulu agar bisa di gabungkan dalam 1 Gadget HTML/Javascript.

Oke...mungkin cukup segini aja, lagi pula jari-jari ini sudah lelah memencet keyboard, mau istirahat dulu sambil ngopi + santai dengan sebatang rokok....huuhhh...nikmatnya dunia....asiknya menjadi blogger....

Semoga postingan kali ini bisa menjadi referensi buat sobat-sobat blogger yang ingin mengikuti program diet template blognya...sehingga blognya bisa diminati banyak pengunjung tanpa mengurangi pernak-pernik yang menghiasi blognya.

Jika anda mengikuti metode ini, dan berhasil menurunkan berat beban template blognya, dan blognya bisa loading dengan cepat...
Saya berharap juga anda bisa menyampaikan komentar anda dibawah ini, sehingga bisa menjadi Review saya untuk cara ini.

Terima Kasih Sobat semua
Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua
Maju terus para blogger
Maju terus Indonesia.

Comments

  1. bagus tipsnya sob aku coba ya!!

    ReplyDelete
  2. maaf nih sob oon aq masihan, masih belum paham maksudnya d satukan, kalau template aq sih sejajar semua lewat metode kompres css, biasanya layout kan sama bentuknya dengan tampilannya, kalau template aq enggak, kan bentuk blog aq 2 kolom sama 3 kolom dibawah, tp layotnya model menumpuk berjajar, kapan2 aq lihatin hasilnya, mau tak coba tutorial kamu masih belum paham karena g ada contoh code2nya, cuma d kasih contoh gambar kan membingungkan buat pemula seperti aq ini

    ReplyDelete
  3. @ rizky : ini mainnya bukan di Edit HTML, Tapi di Page Elemen/ Elemen laman. Jadi seperi gambar diatas, lihat pada mid sidebar ( kolom yang ditengah ) cuma ada satu gadget, coba lihat di mid sidebarnya blog ini ada 5 objek(subcribe,click thru, webpage lottery,blogstat, iklan kumpul blogger).
    Nah dari 5 objek tersebut saya masukkan dalam 1 gadget, jadi secara otomatis, code template untuk mid sidebar akan berkurang sendiri.
    coba anda amati code sidebar anda sebelum dan sesudah menggunakan cara ini....

    ReplyDelete
  4. ow gt yah ok deh paham sekarang, nanti d coba

    ReplyDelete
  5. Oke...selamat mencoba...semoga sukses....

    ReplyDelete
  6. wah, baru tau kalo ternyata standar kegemukan template 100kb yah sob??? untungnya blog ane cuman 57.9kb (dilihat langsung dari Edit Template + Expand Template Widget) / 56.3 (dilihat setelah didownload lengkap).

    makasih sob, naice impoh... :D

    MASQULIN.BLOGSPOT.COM Sitemap

    ReplyDelete
  7. oiya sob, ada yg ketinggalan nih...

    setauku <br/> itu kan artinya ENTER yah sob?
    ane liat di kamus HTML ane sob, hehehe :D

    Tutorial Blog

    ReplyDelete
  8. wah makasih infonya sangat berguna bagi saya,, makasih ya tips - tipsnya,,,,

    ReplyDelete
  9. kunjungan balasan..
    oh aku ngerti maksudnya diet tamplate sekarang..
    sering denger tapi ga mudeng.. hehehe

    ReplyDelete
  10. kalau gue sih, supaya loadingnya agak cepat, HTMLnya gue kompres :D

    ReplyDelete
  11. @ dogan cengkir : thanx yaaa...
    @ Ambar : emang sih yg beginian selalu bikin mudeng...ini aja mau nulis artikelnya sempat linglung juga...heheheheee

    @ Ahmad Ramadani : blog ini jg sudah di compress, tp masih blm sampe ke kapasitas berat ideal, jd ini saya hadirkan sebagai aternatif tambahan untuk mencapai blog yg memiliki berat ideal....thanx...

    @arief : waahhh..klo cek kayak gitu kurang efisien sob...td sudah saya coba cek berat blog kamu, beratnya masih 153.18kb tuch....

    klo mau cek coba aja disini :

    IWEBTOOL

    Buat semua...thanx atas komennya yaaa....

    ReplyDelete
  12. owh, jadi di cek secara full yah? hmm... thanks berat infonya sob ;-)

    MASQULIN.BLOGSPOT.COM

    ReplyDelete
  13. Ternyata bukan hanya manusia aja yang bisa diet..blog juga bisa diet yah, hehehe. thanks sob atas infona.

    ReplyDelete
  14. heeheeeheeee....bener tuch kang...abisnya templatenya jarang olah raga....jd mudah untuk bertambah berat badan tuch...jd mesti punya tips buat diet...heheheheheeee...
    jd kayak punya perasaan sama blog nich...hehehehehee

    ReplyDelete
  15. hueheheehee.....
    berhasiL,berhasiL. hore!

    ReplyDelete
  16. mantap nehh... cukup langsing,,, 40kg turun bandan,,
    tetap berkibar,,, indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda pada kolom diatas, namun diharapkan jangan melakukan spamming, hindari komentar yang mengandung unsur SARA, berkata kasar serta hal2 negatif lainnya, Terima Kasih, Semoga bermanfaat

Popular Posts

Cara Membuat Random Posting Title Berjalan (Marquee)

Setelah kemaren sempat memposting " Cara menampilkan Top Comment Berjalan (Marquee) " , nah, kali ini mencoba memaparkan "Cara Membuat Random Posting Title Berjalan (Marquee)" . Postingan kali ini juga untuk menjawab pertanyaan dari sobat blogger pada waktu yang lalu sempat bertanya kalau cara membuat Recent Postingnya bagaimana? Thanx ya buat sobat Ngeposting ni yee + sobat yang satu lagi saya lupa (karena beliau bertanya via shoutbox dan sekarang shoutbox sudah saya ganti, jd maaf kl saya lupa yaaa...) karena pertanyaan anda memberikan saya ide untuk membuat postingan yang baru, abisnya saya sempat bingung mau membuat postingan apalagi yaaa....heheheheheeee.... Sebenarnya mau dikasi judul Recent Posting Title .....namun rasanya kurang pas kl mau bilang tentang tool ini Recent Posting Title , karena tool ini menghadirkan judul-judul posting blog kita secara acak bukan menampilkan judul postingan terbaru pada blog kita. Tapi ga apa-apa dech, ada baiknya juga si

Cara Pasang Kotak Komentar/Comment Form Facebook di Blogger

Cara Membuat Kotak Komentar/Comment Form Facebook di Blogger | Mungkin Tips ini udah bukan hal baru lagi, namun jika niat ingin berbagi, tidak ada kata terlambat. Berikut ini ingin mensharingkan cara membuat Kotak Komentar/Comment Form Facebook yang akan di tampilkan di Blogger. Jadi Kotak komentar yang sudah secara default ada di blogger dirubah atau ditambah dengan aplikasi kotak komentar/Comment form yang disediakan oleh Facebook. Fungsi kotak komentar Facebook ini adalah sebagai pengganti atau alternatif lain bagi pengunjung blog kita untuk memberikan komentar di blog kita, karena memungkinkan untuk pengunjung blog selain pengguna Blogger/Wordpress/Typepad/Open id untuk memberikan ide/komentar/saran/kesan untuk blog kita. Dikarenakan pengguna Facebook semakin meningkat jumlahnya, jadi bisa dipastikan hampir semua pengunjung blog memiliki akun Facebook. Untuk melihat demo Kotak komentar Facebook, silakan lihat Disini Berikut ini cara membuat/memasang kotak komentar Facebook di

Thumbnail Related Posting with Marquee (Berjalan)

Setelah kemaren memposting tentang cara membuat Related Posting menggunakan Daftar list berdasarkan Label dan Related Posting menggunakan Gambar(Thumbnail) . Nah kali ini sedikit berkaitan dengan Related Posting menggunakan Gambar(Thumbnail) . Nah, untuk menampilkan Related Posting menggunakan Gambar anda bisa lihat disini cara membuatnya. Namun ada sedikit kekurangan dari Related posting ini, yaitu anda tidak bisa menampilkan Related postingnya dalam jumlah yang banyak , jumlah yang ditampilkan sebatas ukuran lebar halaman posting saja, seperti halnya blog ini, hanya bisa menampilkan 4 judul serta gambar dari related posting tersebut. Lalu bagaimana cara menampilkan related posting tersebut dalam jumlah yang banyak...??? Oke, yang ingin di sharingkan kali ini mencoba mengangkat tentang menggunakan metode Marquee pada thumbnail related posting. Untuk contoh anda bisa lihat kebawah posting ini. Setelah mengutak-atik sedikit, sampai sempat sedikit error, hingga akhirnya saya mem

Cara Menampilkan Top Comment Berjalan (Marquee)

Wahhh...lama juga ga posting nich...akhirnya kangen juga sama blog setelah beberapa hari tidak menjamahnya karena ada sedikit kesibukan diluar. Oke langsung saja ke postingan , sebenarnya postingan kali ini adalah untuk menjawab pertanyaan sobat blogger, saya lupa namanya karena beliau bertanya via shoutbox blog ini yang lama, dan pada akhirnya shoutbox saya di banned, dan sekarang berganti dg Cbox, jadi maaf ya jika saya lupa, maklum memori sudah lemot. kalau tidak salah beliau bertanya bagaimana cara membuat Top Comment berjalan seperti di blog ini ? dan saya menjawab Coming soon sobat( Kayak film baru aja ) Oke, setelah kemaren sempat memposting cara menampilkan Top Comment di Blog , nah... sekarang mencoba membeberkan cara alternatif kedua untuk menampilkan Top Comment di blog dengan tampilan yang sedikit berbeda. Cara alternatif yang kedua ini menggunakan metode tulisan berjalan (Marquee) . makanya postingan kali ini saya beri nama Cara Menampilkan Top Comment Berjalan (Ma

Cara Membuat Halaman Posting Berpindah dari Kiri ke Kanan

Cara Membuat Halaman Posting Berpindah dari Kiri ke Kanan | Sempat bingung menentukan judul artikel yang satu ini, tapi yang jelas gambarannya seperti dibawah ini, Pernah lihat halaman blognya Kang Rohman (kolom-tutorial.blogspot.com), jika diperhatikan, ketika pada halaman beranda/Home page, bagian artikel/posting terletak di sebelah kiri dan sidebar berada di sebelah kanan, dan ketika masuk ke halaman postingnya, halaman artikel akan berada di sebelah kanan dan sidebar di sebelah kiri. Nah, untuk membuat halaman tersebut agar bisa berpindah-pindah ternyata cukup simpel. ternyata yang dibutuhkan hanya sedikit penambahan pada struktur CSS nya saja. berikut cara-caranya : Login ke Blogger Langsung menuju ke Design/Rancangan Klik Edit HTML centang tulisan "Expand Widget Template" Cari kode berikut : ]]></b:skin> Letakkan kode berikut ini setelah kode diatas  <style type='text/css'> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;&

Blogger Lebih Asik dengan New Posting Editor

Nah...saat sekarang ini, para Blogging mania diberi kemudahan lagi oleh Blogger. Sebuah Posting Editor Baru telah di luncurkan. disini kita diberi kemudahan lagi dalam memposting entry. Adapun fitur-fitur yang telah diperbaharui sebagai berikut : New Toolbar Full safary 3 support Improved Handling Image Improved Raw HTML Geotagging Vertical Resizing Easy link editing in Compose mode Placeholder image for tags Preview dialog  Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat Disini Nah...untuk dapat menggunakan New Posting Editor ini ( bagi anda yang masih menggunakan Posting editor lama ), berikut ini cara mengaktifkan New Posting Editor nya : Login dulu ke Blogger Masuk ke Setting/Pengaturan Pada halaman dasar, scroll hingga ke bawah, cari Setting Global   Pilih Editor yang diperbaharui Simpan Settingan anda Selesai Dech... Selamat menggunakan Posting Editor yang baru Sukses untuk semua Blogger...!!!